Thursday, October 12, 2017

Macam-Macam Sistem Operasi

   Sistem operasi atau OS adalah sistem yang berada dilapisan pertama dimana memori harddisk diletakkan. Saat ini ada banyak sistem operasi yang dikenal diantaranya Linux, Windows, Mac OS dan lain sebagainya.
tampilan interface linux
Tampilan interface linux (Ubuntu)

Perkembangan Sistem Operasi Linux
Pada awalnya sisitem operasi Linux dibuat dengan nama sistem operasi bernama UNIX, yang diciptakan dan juga dikembangkan ada tahun 1968 oleh Ken Thompson dan juga Dennis Ritchie di Amerika. Pada saat pertama kali dikembangkan, UNIX sudah menarik perhatian karena merupakan salah satu sistem operasi yang keseluruhan source code nya menggunakan bahasa C, yang membuat sistem operasi ini mudah untuk diimplementasikan pada berbagai platform apapun.
Singkatnya, setelah sisitem operasi UNIX banyak digunakan dan juga berkembang, mulai banyak berbagai jenis dari sistem operasi UNIX, yang salah satunya adalah sistem operasi MINIX, yang diciptakan oleh A.S Tanenbaum. MINIX memiliki source code yang kemudian dimodifikasi dan diimplementasikan oleh seoran gmahasiswa bernama Linus Torvalds sebagai referensi membuat sebuah sistem operasi gratis, dimana seluruh source code yang dimilikinya bisa diakses oleh banyak orang.
Setelah Lunis Torvalds menambahkan program dan juga software yang berlisensi GNU, maka mulai dikenalkanlah sistem operasi tersebut, yang diberi nama Linux. Linux versi pertama, yaitu Linux 0.01 dikembangkan pada tahun 1991, yang kemudian pada tahun yang sama, Linux versi 0.02 diluncurkan.
Hingga saat ini, Linux sudah menjadi salah satu sistem operasi UNIX yang sangat lengkap, sehingga multitasking dan juga mendukung banyak fungsi, seperti fungsi jaringan, software development, dan juga memungkinkan untuk digunakan sebagai sistem operasi pada PC pribadi. Linux memilki hampir semua komponen dan juga perangkat lunak yang harus didukung oleh sebuah sistem operasi, seperti konektivitas, dan juga software utilitas lainnya.
Itulah perkembangan singkat dan juga sejarah dari terbentuknya sistem operasi Linux.
Jenis – Jenis Linux
Karena merupakan bentuk sistem operasi yang sifatnya Open source, itu berarti Linux sangat mudah untuk dilakukan modifikasi dan juga pengembangan. Hal ini menyebabkan, banyak berkembangnya sistem operasi linux yang beragam, yang kita kenal dengan distribution linux, atau distro linux. Setiap distro linux ini memilki keunggulan dan juga kekhususan masing masing. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis distro yang dikembangkan dari sistem operasi linux.
  • Debian Linux
Merupakan jenis distro linux yang banyak digunakan oleh kalangan teknis. Debian memilki keunggulan berupa format program yang lebih stabil, sehingga banyak digunakan untuk mereka yang hobi utak atik. Sering juga digunakan sebagai komputer server dan juga komputer admin. Versi terbaru dari Debian Linux ini adalah Verxi 4.1
  • Redhat Linux
Redhat Linux adalah salah satu jenis distro linux yang banyak digunakan di Indonesia dan juga Amerika. Dostro linux ini banyak digunakan sebagai server, dan memang banyak yang mengagungkan kemampuan server yangmenggunakan Redhat Linux ini, karena cepat dan stabil. Redhat saat ini sudah mencapai versi ke 9.0. Karena kegunaan jenis linux ini sebagai server, maka sangat cocok untuk dijadikan server sebagai penyimpanan data yang aman, cara memilih komputer server berbasis linux dan windows memiliki kesamaan hanya saja sistem operasi mereka yang berbeda.
  • Mandrake Linux
Mandrake Linux adalah distro linux yang mirip seperti Redhat Linux. Namun bedanya, Mandrake meruakan versi client dari Redhat Linux, yang direkomendasikan sebagai server. Versi terbaru dari distro Mandrake Linux ini adalah versi 10.0 dan merupakan distro sistem operasi linux yang paling familiar dan banyak digunakan oleh user.
  • Caldera Linux
Caldera linux merupakan jenis distro linux yang unik, karena semua tampilan dari sistem operasi ini mengunggulkan grafis. Mulai dari pertama kali melakukan instalasi, hingga menjalankan program dan juga setting, semuanya menggunakan grafis, dan tidak menggunakan tulisan, seperti sistem operasi pada umumnya.
Selain ke-empat distro linux yang sudah disebutkan, ada beberapa distro linux lainnya yang banyak digunakan, yaitu:
  • Stackware Linux
  • SuSE Linux
  • Corel Linux
  • Turbo Linux
  • Ubuntu Linux
    Kelebihan dan Kekurangan dari Sistem Operasi Linux
Sebagai sebuah sistem operasi yang termasuk gratis dan juga open source, maka sudah pasti linux memiliki banyak sekali kelebihan. Apa saja kelebihan dari sistem operasi linux? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari sistem operasi Linux:
  1. Jauh lebih murah dibandingkan sistem operasi lain
Tentu saja, sistem operasi Linux jauh lebih murah dengan sistem operasi lainnya. Bandingkan saja dengan sistem operasi Windows yang harus mengeluarkan biaya lebih dari 500ribu untuk lisensi originalnya. Linux dapat diperoleh secara gratis, dan juga beberapa dapat diperoleh dengan biaya yang sangat murah.
  1. Merupakan sistem operasi yang memiliki code 32 bit
Code 32 bit yang digunakan pada sistem operasi Linux membantu sistem operasi ini dapat berjalan dengan baik, dan membantu menghindari terjadi crash pada saat sebuah aplikasi dijalankan. User juga tidak perlu khawatir jika ingin menginstall aplikasi lain yang diinginkan karena khawatir bit tidak seimbang, operating system linux tidak akan membuat komputer sering hang akibat penggunaan software tertentu selama penggunaan baik-baik saja.
  1. Memilki tingkat keamanan yang cukup baik
Tingkat kemanan dan juga security yang dimiliki oleh sistem operasi linux merupakan tingkat keamanan yang tergolong baik dan tidak kalah dengan sistem operasi lainnya. Bahkan banyak user yang mengklaim bahwa linux memiliki sistem keamanan terbaik apabila dibandingkan dengan sistem operasi populer lainnya.
  1. Tampilan grafik yang baik
Jangan kira sebuah software open source seperti linux memilki tampilan gafik yang buruk. Linux mendukung tampilan grafisk yang bagus dan juga eye catching. Terutama pada distro linux yang menggunakan sistem full grafis, dimana semua command dan juga perintahnya menggunakan sistem grafis.
  1. Mudah untuk dilakukan modifikasi terhadap source code
Bagi para programmer dan juga ahli komputer, penggunaan Linux sangatlah menarik, karena source code dari linux merupakan jenis source code yang open source dan juga menggunakan bahasa C. Hal ini akan lebih memudahkan untuk dilakukan modifikasi pada sistem operasi linux.
  1. Mendukung akses ke 33 macam sistem file yang berbeda
Sistem operasi linux juga mendukung lebih dari 33 macam sistem file yang umum digunakan pada sistem operasi lainnya. Hal ini mencakup sistem format dari harddisk, format-format software dan file, seperti video, gambar, dan juga format lainnya.
  1. Penggunaan Linux lebih terspesifikasi
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang terspesifikasi khususnya dari setiap distro pada sistem operasi linux. Melalui dukungan distro-distronya, linux memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan setiap user. Contohnya adalah bagi user yang membutuhkan sistem operasi untuk server, maka bisa menggunakan distro linux yang bernama Redhat. Begitu pula dengan kepentingan dan juga kebutuhan lainnya.
  1. Software bawaan sudah terinstall dan dapat digunakan dengan mudah
Linux juga memiliki beberapa software bawaan yang dapat bermanfaat dan juga digunakan dengan mudah. Software ini berhubungan dengan software utilitas, seperti software jaringan dan juga software yang berhubungan dengan driver.
  1. Cocok bagi yang hobi melakukan utak atik komputer
Bagi anda yang sering mengotak atik komputer, Linux merupakan salah satu sistem operasi yang pas. Source code yang bisa dimodifikasi dan diubah, serta lisensinya yang bersifat open source akan sangat cocok bagi user yang senang melakukan otak atik pada sistem operasi ini, untuk mendapatkan performa yang lebih maksimal.
  1. Cocok untuk dijadikan sebagai komputer server
Sistem operasi linux merupakan sistem operasi yang stabil dan juga cepat. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada komputer server, admin, dan juga komputer personal sekalipun. Banyak yang mempertanyakan apakah server berbasis linux dengan server berbasis windows memiliki perbedaan. Pada dasarnya cara kerja server berbasis os manapun akan sama hanya saja berbeda dalam bahasa pemrograman  pada osnya, begitu juga server ini mengikuti jalannya prinsip kerja jaringan komputer yang digunakan.
  1. Spesifikasi hardware yang tidak terlalu besar
Yang paling penting dari sistem operasi Linux ini adalah spesifikasi hardware yang dibutuhkan sangat rendah. Anda tidak perlu khawatir dengan spek komputer anda yang rendah, karena sistem operasi linux ini dapat berjalan pada komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun.

  1. Penggunaan software linux akan mencegah user dari pembajakan hak cipta
Saat ini, pembajakan pada sistem operasi, terutama sistem operas Windows sangat marak terjadi. Karena itu, bagi user yang menggunakan sistem operasi linux, user tersebut dapat mendukung penghargaan terhadap hak cipta. Dengan cara tidak menggunakan produk-produk bajakan.
Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun demikian nyatanya linux masih memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari sistem operasi linux :
  1. Saat terjadi masalah pada OS Linux, sulit mengatasinya 
Tidak banyak teknisi yang memahami sistem operasi linux. Hal ini dikarenakan memang jarang user yang menggunakan sistem operasi Linux, sehingga dukungan terhadap trouble shooting secara fisik agak sulit. Yang bisa dilakukan hanyalah mengandalkan forum-forum linux yang banyak ditemukan di Internet.
  1. Dukungan software populer yang kurang
Software populer, seperti games dan juga aplikasi-aplikasi popler masih banyak yang belum mendukung sistem operasi Linux. Hal ini menyebabkan akan sulit untuk menyesuaikan diri dengan menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan sistem operasi Linux. Terutama jika menggunakan software gratis, seperti software gratis untuk edit video yang kebanyakan hanya fit pada os windows.
  1. Kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya, sehingga terlihat inferior
Kelemahan linux yang paling banyak, yaitu kalah bersaing dengan sistem operasi lain seperti Windows dan juga Mac OS. Meskipun bersifat opensource, dan juga murah, hal ini ternyata tidak membuat linux menjadi sangat populer seperti sistem operasi lainnya.
tampilan interface mac os
Tampilan interface mac os

MAC OS
Mac OS singkatan dari Macintosh Operating System adalah serial system operasi berbasis grafik yang dikembangkan oleh Apple Inc. untuk system komputer Machintosh mereka dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan namanya diganti denan Mac OS pada tahun 1996 pada versi 7.6. Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Sistem operasi ini terkenal karena memiliki konsep grafik yang elegan.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Sistem operasi ini memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan yang dimiliki sistem operasi ini antara lain adalah :
Kelebihan Mac OS
– “Time Machine”, aplikasi yang berfungsi untuk membackup system dan perubahan data secara otomatis
– “Sherlock”, aplikasi yang bisa mencari data harddisk, jaringan LAN dan Internet secara keyword
– Sangat sulit terserang virus, malware, maupun spyware
– Tampilan lebih glossy dan elegan, cocok untuk desain/multimedia
– Shutdown yang sangat cepat. waktu untuk shutdown hanya dibutuhkan 3 – 4 detik.
– Bisa mengenal file format windows
Kekurangan Mac OS
– Mahal, pasti menjadi satu dengan produk dari Apple sendiri dan pasti harganya sangat mahal.
– Tidak cocok untuk aplikasi games dan server
– Lebih cocok untuk desain grafis
– Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS.
– Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
– Software di Mac OS tidak begitu lengkap.
MAC OS X memiliki banyak sekali kelebihan tetapi juga memiliki banyak kekurangan sehingga untuk menentukan dalam menggunakan sistem operasi ini membutuhkan keputusan yang tepat. Memang mungkin dirasa cukup mahal tetapi sepadan dengan performa dan tampilan yang diberikan oleh sistem operasi tersebut.
tampilan interface windows
tampilan interface windows (Windows 8)

Sejarah Microsoft Windows
Microsoft Windows pertama kali diluncurkan pada tahun 1983, dimana pada saat itu, Microsoft Windows meluncurkan Ms-DOS yang dibuat kompatibel untuk PC yang dibuat oleh IBM, perusahaan teknologi komputer besar saat itu. Setelah Ms-DOS berhasil dikembangkan dan diluncurkan, maka kemudian Microsoft Windows mulai mengembangkan hasil penelitiannya, yang kemudian meluncurkan Windows generasi pertama, yaitu Microsoft Windows 1.0 pada tanggal 20 November 1985.
Microsoft Windows 1.0 yang dinilai memiliki banyak kekurangan dan juga keterbatasan, kemudian dikembangkan lagi menjadi Microsoft Windows versi 2, yang terdiri dari Microsoft Windows 2.x, Microsoft Windows 2.1x. Pada saat ini, sistem operasi Microsoft Windows dituntut oleh Macintosh, pesaingnya karena dianggap meniru desain. Karena itu, dikembangkan lagi Microsoft Windows berikutnya yaitu Microsoft Windows 3.0. Sistem operasi Microsoft Windows yang diluncurkan pada tahun 90-an ini menerima sukses besar, dengan penggunaan user yang tinggi, yang membuat Microsoft Windows semangat untuk dikembangkan terus, hingga saat ini diklaim sudah mencapai generasi terakhirnya, yaitu Microsoft Windows 10.0.

Kelebihan Microsoft Windows

Kelebihan microsoft windows yang tidak akan bisa di pungkiri adalah kemudahan cara pakainya. Sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh belahan dunia, pastilah Microsoft Windows memiliki banyak sekali kelebihan. Kelebihan – kelebihan inilah yang kemudian membuat Microsoft Windows mampu bertahan dan menjadi salah satu sistem operasi terbesar di dunia, bersaing dengan MacOS. Apa saja sih kelebihan – kelebihan dari Microsoft Windows? Berikut ini adalah beberapa kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Windows :
1. Sistem dan juga interface yang user friendly / Mudah digunakan
Salah satu hal yang menyebabkan Microsoft Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang di dunia adalah karena sistem dan juga interface yang yang user friendly. Hal ini membuat banyak orang mudah untuk mengoperasikan Microsoft Windows. Hal ini didukung dengan fitur – fitur yang memudahkan usernya untuk menggunakan suatu komputer. Selain itu, Microsoft Windows juga menyediakan berbagai tools yang bisa digunakan oleh usernya untuk memecahkan masalah – masalah yang terjadi di dalam sistem operasi tersebut. Desain danjuga tampilan dari windows itu sendiri pun dianggap mudah dipahami, dan juga sudah banyak familiar di mata orang – orang, sehingga membuat Microsoft Windows menjadi salah satu pengembang sistem operasi terbesar di dunia.
2. Pilihan aplikasi yang banyak dan berlimpah
Bagi anda yang memiliki komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows, pastilah anda tidak akan pernah mengalami masalah dalam pemilihan aplikasi. Ya, aplikasi yang kompatibel dengan Microsoft Windows sangatlah banyak dan juga berlimpah. Mulai dari aplikasi dasar, seperti pemutar lagu, hingga aplikasi superuser yang bisa melakukan pembuatan sebuah program pun tersedia di dalam platform sistem operasi Microsoft Windows. Kerena itu, dengan banyaknya dukungan aplikasi, baik gratis maupun berbayar, maka hal ini membuat Microsoft Windows memiliki banyak sekali peminat dan pengguna di seluruh dunia.
      3. Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu
Anda mengalami masalah dengan program dan juga aplikasi yang sedang anda jalankan? Atau mungkin hardware anda mengalmai masalah dan juga gangguan pada software drivernya? Maka anda tidak perlu khawatir, kaena Microsoft Windows memiliki fitur troubleshooting, yang mana akan memudahkan anda dalam mencari inti permasalahan yang muncul ketika anda menjalankna suatu aplikasi. Dengan adanya troubleshooting ini, maka anda m dapat membantu anda mengatasi masalah yang anda alami, seperti mencarikan versi driver terbaru secara online, melakukan repair yang mengalami corrupt, melakukan pengecekan pada kompatibilitas suatu aplikasi, dan masih banyak lagi. Fitur in ilah yang juga merupakan salah satu keunggulan dari sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft Windows.
4. Mendukung banyak sistem partisi
Sistem partisi yang didukung oleh Microsoft Windows juga cenderung cukup banyak, seperti NTFS, exFat, FAT 32 dan masih banyak lagi. Hal ini memungkinan anda untuk menggunakan banyak sistem format partisi yang umum ada di dalam pasaran untuk digunakan di dalam sistem operasi Microsoft Windows.
5. Compatible dengan aplikasi office
Salah satu hal yang membuat Microsoft Windows menjadi banyak digunakan di dunia adalah sistem officenya yang banyak menjadi pilihan. Bahkan mereka yang menggunakan sistem operasi Mac OS pun ttap menginstall aplikasi Office milik Microsoft Windows. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan office yang dimiliki Microsoft Windows sangatlah baik dan juga sangat berguna bagi usernya. Hal ini membuat Microsoft Office menjadi aplikasi office yang banyak digunakan di perkantoran dan institusi secara luas, meskipun aplikasi ini berbayar dan juga memiliki harga yang cukup mahal.
6. Banyak programmer yang memahami Microsoft Windows, sehingga mudah dikembangkan dan jugadiperbaiki
Kelebihan lainnya dari Microsoft Windows adalah dukungan dari pengembang atau developer. Hal ini berkaitan erat dengan pemecahan masalah eror ataupun gangguan sistem lainnya yang muncul pada Microsoft Windows. Banyaknya programmer yang memahami mengenai Microsoft Windows membuat pengembangan dan juga perbaikan dari error di dalam sistem operasi ini menjadi lebih mudah. Bagi para programmer, Microsoft Windows cukup mudah untuk dipahami hingga ke dalam – dalamnya, berbeda dengan sistem operasi Mac OS yang cenderung sulit untuk digunakan sebagai superuser.
7. Support berbagai jenis hardware jaringan komputer
Microsoft windows juga mensupport berbagai hardware jaringan komputer hingga anda dapat menggunakan berbagai jenis jaringan komputer pada komputer anda.

Kekurangan Microsoft Windows

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun ternyata Microsoft Windows juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Microsoft Windows :
1. Sistem operasi yang memiliki harga cukup tinggi untuk versi basic dan home
Kekurangan pertama dari sistem operasi Microsoft Windows adalah harga. Ya, sistem operasi Microsoft Windows dipatok dengan harga yang cukup tinggi untuk Basic dan juga home version. Untuk versi tertinggi dari sistem operasi Microsoft Windows ini pun juga dijual dengan harga jutaan. Lisensi yang harganya dianggap terlalu tinggi ini merupakan salah satu kekurangna dari Microsoft Windows, yang memicu banyak sekali tindakan pembajakan sistem operasi Microsoft Windows di dunia.

2. Rentan terhadap serangan virus
Microsoft Windows juga dinilai sangat rentan terhadap gangguan virus. Hal in imembuat banyak komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows menjadi lebih sering terserang virus apabila dibandingan dengan sistem operasi lainnya. Hal ini juga membuat perkembangan virus pada sistem operasi Microsoft Windows menjadi meningkat dan banyak bermunculan, yang tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan dari para user dari Microsoft Windows itu sendiri.
3. Keamanan yang mudah dihack
Kekurangan lainnya yang ada pada sistem operasi Microsoft Windows adalah keamanannya yang dianggap masih kurang baik. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya hacker yang sanggup membuat versi bajakan dari sistem operasi Microsoft Windows ini dengan menggunakan crack. Hingga saat ini, Microsoft Windows masih belum bebas dari tindakan pembobolan keamanan, yang mana paling banyak terjadi adalah proses pembajakan dari sistem operasi Microsoft Windows. Kejadian ini dapat menyebabkan komputer sering hang dan bermasalah.
4. Terlalu Cepat Update
Kekurangan Microsoft Windows yang paling terasa adalah cukup cepatnya upgrade, bisa di bayangkan, mulai windows xp, windows 7, 8 dan sekarang sudah windows 10, apakah anda siap untuk terus upgrade ? belum tentu software yang anda gunakan saat ini mensupport perkembangan sistem operasi windows.
5. Patch sana patch sini
Pernah mendengar istilah service pack pada windows ? service pack ini adalah salah satu teknik “tambal sulam” Microsoft yang cukup mengganggu sebenarnya, jika anda lupa download dan install, bisa di pastikan anda akan mengalami masalah.
6. Menggunakan RAM Cukup Besar
Ram komputer yang akan digunakan untuk menginstall sistem operasi ini cukup besar, sehingga anda harus menyediakan ram yang memadai untuk menggunakannya.

No comments:

Post a Comment