Perangkat Input Gambar
Gambar sebagai perangkat input terbagi dua :
1. Penunjuk
2. Pengambil
1. Penunjuk
2. Pengambil
1. Penunjuk
· Mouse
Mouse (tetikus) adalah perangkat
keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau
laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk
menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik
kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan
mouse.
· Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang
digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk
mendeteksi gerakan.
· Pointing Stick
Pointing stick adalah alat penunjuk
yang berbentuk seperti penghapus pensil yang berada diantara tombol-tombol pada
keyboard
· TouchPad
Touchpad adalah alat penunjuk kecil
yang sensitif dengan tekanan dan gerakan
· JoyStick
Joystick adalah perangkat keras
berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick
adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa
digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan
Microsoft
· Touch screen
Layar sentuh atau layar monitor yang digunakan
untuk berinteraksi dengan user dengan cara menyentuh layarnya. sering digunakan
dengan kios.
2. Pengambil
Pengambil terbagi 2 yaitu :
1.Terformat
2.Non-Format
Terformat seperti :
· Barcode
Barcode Reader
atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna
merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode
adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan
atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung
total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
Non-Format seperti :
· Image Scnaner
Peralatan
yang menggunakan cahaya (Light-sensing device) yang membaca text dan gambar
yang dicetakDigunakan untuk image processing, melakukan konversi dokumen kertas
menjadi gambar elektronik
No comments:
Post a Comment